menu
Administrasi Pengiriman Barang
Administrasi Pengiriman Barang
Pengiriman Barang

Administrasi Pengiriman Barang

Menurut Suyono (2003:155) pengertian freight forwarding(jasa pengiriman barang) adalah badan usaha yang bertujuan memberikan jasa pelayanan/pengurusan atau seluruh kegiatan diperlukan bagi terlaksananya pengiriman, pengangkutan dan penerimaan barang dengan menggunakan multimodal trasport baik darat, laut dan udara.

Prosedur pengiriman barang berawal dari dikirimnya barang dari pengirim kepada penerima. Kemudian kedua belah pihak mengadakan kesepakatan mengenai barang yang dikirim tersebut, yang antara lain mencakup berat barang, jenis barang, tujuan barang serta layanan pengiriman barang, yang kesemuanya itu akan mendasari tarif yang dikenakan pada pengirim.

Kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya disebut administrasi. Pada Rush Courier, kegiatan administrasi dilakukan mulai dari pencatatan pengiriman barang dan pengaturan jadwal pengiriman. Pada proses pencatatan pengiriman barang dari pelanggan, bagian administrasi mempunyai ketentuan perhitungan biaya yang harus dibayar oleh pengirim. Jika pengirim melakukan pengiriman barang diatas tiga kilogram, maka dikenakan biaya tambahan per kilogram dua ribu rupiah. Lihat juga Ekspedisi Jakarta Manado

Perhitungan biaya total adalah sebagai berikut :
Total Biaya = harga + (berat – 3) * 2000

6 Misalnya pelanggan ingin mengirim barang dengan berat empat kilogram, perhitungannya menjadi harga (biaya kirim = 5000) ditambah dengan berat empat kilogram dikurangi tiga dan dikalikan harga kelebihan per kilogramnya total biayanya adalah tujuh ribu rupiah.

Pada proses pencatatan pengiriman barang dari pelanggan, bagian administrasi mempunyai ketentuan perhitungan biaya yang harus dibayar oleh pengirim. Jika pengirim melakukan pengiriman barang diatas tiga kilogram, maka dikenakan biaya tambahan per kilogram dua ribu rupiah