menu
Latar Belakang Berdirinya Bisnis Ekspedisi
Latar Belakang Berdirinya Bisnis Ekspedisi
Bisnis Ekspedisi

Ada banyak hal yang dapat menjadi latar belakang berdirinya bisnis ekspedisi. Faktor letak geografis dan kebutuhan manusia merupakan penunjang berdirinya bisnis ekspedisi. Kebutuhan manusia dan letak geografis merupakan peluang yang menguntungkan bagi manusia sebagai trobosan baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Faktor jarak dan ruang memisahkan manusia satu dengan manusia lainnya menjadi peluang usaha bagi perusahaan untuk mendirikan sebuah bisnis dibidang ekspedisi dan logistik. Hal ini disebabkan karena manusia membutuhkan sarana transportasi didalam melaksanakan pengiriman barang. Manusia tidak selalu bisa menyelesaikan permasalahan ekspedisi sendiri. Pertimbangan biaya, waktu, dan tenaga menjadi pertimbangan manusia dalam menyelesaikan masalah pengiriman barang sendiri. Lihat juga ekspedisi jakarta mamuju. Hal tersebut menjadi sebuah peluang bagi pengusaha dalam mengembangkan bisnis ekspedisi.

Bisnis ekspedisi merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam hal pengiriman barang dan logistik. Dalam bisnis ekspedisi, perusahaan membutuhkan jasa transportasi. Dalam perusahaan ekspedisi, jasa transportasi tidak selalu dimiliki sendiri. Biasanya perusahaan bekerjasama dengan beberapa penyedia jasa transportasi seperti perusahaan penerbangan. Bisnisekspedisidikelolauntuk menyediakanjasa dalam mengirimkan barang konsumen dengan tujuan tertentu. Perusahaan ekspedisi mempunyai tugas dalam mengusahakan pelayanan transportasi sebaik mungkinagar barang yang dikirimkan selamat sampai tujuan pengiriman.

 

Keuntungan Menggunakan Peti Kemas untuk ekspedisi

Peti Kemas adalah peti yang terbuat dari logam yang membuat barang-barang yang lazim disebut muatan umum (general cargo)yang akan dikirimkan melalui laut. Berbeda dengan cara pengangkutan dengan kapal konvensional maka sejak pemuatan sampai kepada pembongkaran (bahkan sampai ke tempat yang dituju) barang-barang yang dikirim dengan peti kemas tidak dijamah orang, karena dengan peti itu barang dimuat di atas kapal dan bersama peti itu pula barang dibongkar dari dalam kapal dan diturunkan ke darat.

Keuntungan penggunaan peti kemas dalam pengangkutan barang-barang melalui laut adalah:

  1. Muatan bongkar dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan dengan muat bongkar barang-barang dengan pengepakan konvensional.
  2. Penurunan persentase kerusakan karena barang-barang disusun secara mantap di dalam peti kemas dan arahnya disentuh pada saat pengisian dan pengosongan peti kemas tersebut saja.
  3. Berkurangnya presentase barang-barang yang hilang akibat dicuri (theft & pilferage).
  4. Memudahkan pengawasan oleh pemilik barang (shipper) yang bila perlu dapat menyimpan barangnya ke dalam peti kemas di arena pergudangannya sendiri. Si penerima juga dapat dengan mudah mengawasi pembongkaran di area pergudangan sendiri (door-to-door service),bila mana dikehendakinya.
  5. Dapat dihindari pencampuran barang-barang yang sebenarnya tidak boleh dicampur satu sama lain. (Amir M.S,2013)