menu
Peralatan Bongkar Muatan Peti Kemas
Peralatan Bongkar Muatan Peti Kemas
Bongkar Muatan Peti Kemas

Peti Kemas

Alat bongkar muat adalah alat yang dipakai untuk kegiatan bongkar muat barang dengan tujuan untuk menambah kecepatan bongkar muat, agar waktu yang di perlukan kapal -kapal untuk bertambat dapat di persingkat. (Appi, Y.S. 2013). Dalam kegiatannya, upaya bongkar / muat kapal atau biasa disebut stevedoringmenggunakan alat bantu untuk mempercepat prosesnya. Adapun peralatan yang digunakan diantaranya:

  1. Container Crane
    Merupakan Alat utama kegiatan bongkar muat petikemas dari dermaga ke kapal dan sebaliknya, yang diletakan secara permanen di dermaga.
  2. Rubber Tyred Gantry
    Peralatan bongkar muat yang berfungsi memindah container dari chasis Truck ke container yard (CY).
  3. Crane kapal (ship gear).
    Untuk kepraktisan, kapal cargo umumnya dilengkapi dengan crane kapal (ship gear). Crane kapal harus dapat digunakan dalam melakukan kegiatan stevedoringbaik untuk barang berjenis container, maupun bag cargo (dengan menggunakan jala-jala).
  4. Reach stacker
    Peralatan bongkar muat petikemasyang di gunakan untuk membongkar atau memuat petikemas dengan ketinggian 5 Tiear.
  5. Side loader
    Peralatan bongkar muat yang berfungsi mengangkut petikemas kosongatau petikemas Full.
  6. HMC( Harbour Mobile Crane ) Lihat juga Ekspedisi Jakarta Papua
    Alat bongkar muat dipelabuhan / crane yang dapat berpindah pindah tempat serta memiliki sifat yg flexiblesehingga bisa digunakan untuk bongkar / muat container maupun barang barang curah / general cargodengan kapasitas angkat / SWL ( safety weight load)sampai dengan100 ton. Sumber :(Wahyu Agung Prihartanto,2014 )